(0361) 3700270
default-logo

Mengunjungi Rumah Adat Indonesia di Taman Nusa Bali

Kabupaten Gianyar juga memiliki tempat wisata yang mirip seperti TMII ( Taman Mini Indonesia Indah) yang ada di Jakarta. Taman Nusa menawarkan pengalaman keliling Indonesia melalui rumah kebudayaan adat nusantara. Taman Nusa menyajikan minatur bangunan rumah adat yang ada dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, terdapat 60 rumah adat dari 33 provinsi yang ada, Taman Nusa adalah satu-satunya objek wisata di Bali yang menyediakan miniatur rumah adat yang ada di Indonesia seperti rumah adat Minang dan Toraja didatangkan langsung dari asalnya msing-masing, rumah tersebut dapat dibongkar pasang serita dirakit langsung oleh tukang yang membuatnya di Taman Nusa. Tak hanya bisa melihat bagian luarnya saja, anda juga bisa masuk kedalam miniatur rumah dan jika anda beruntung anda dapat mendapati penghuni rumah di dalamnya. Disana mereka juga akan memperlihatkan tarian atau musik khas daerah mereka, dan anda juga bisa mencoba ikut untuk bermain musik maupun menari. Terdapat juga patung Proklamator Indonesia, Soekarno dan Hatta, dan juga terdapat patung Patih Gajah Mada dan juga miniatur Candi Borobudur

rumah-adat-minangkabau

Taman Nusa berlokasi di Jalan Taman Bali, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar Bali. Jika dari denpasar anda cukup menempuh waktu sekitar 45 menit perjalanan untuk mencapat Taman Nusa, jika dari Bandara Ngurah Rai sekitar 70 menit perjalanan.
Rumah tradisional dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. mengunjungi Taman Nusa Bali membuat anda dapat mengenal beranekaragam etnis, budaya, dan kerajinan serta kesenian Indonesia. Selain rumah adat Nusantara, disini anda juga dapat menikmati panorama perjalanan waktu bangsa Indonesia, dimulai pada masa prasejarah, jaman perunggu, masa kerajaan hingga kampung budaya Indonesia. Kompleks Taman Nusa berdiri diatas sebuah tebing yang menyusuri sungai Melangit dengan pemandangan hijau dari tumbuh-tumbuhan alam sekitarnya.

Pada konsep Indonesia awal, anda akan dapat melihat patung Maha Patih Gajah Mada, Replika Candi Trowulan dan Gapura yang menggambarkan tentang sumpah pemuda. Konsep Indonesia pada Jaman kemerdekaan juga ditampilkan ditaman budaya ini, terlihat dengan adanya patung proklamator Indonesia Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Bung Hatta. Untuk tampilan Indonesia pada masa kini, Taman Nusa menampilkan miniatur tiga dimensi yang berupa miniatur kereta api dengan skala perbandingan dimensi 1:87. Terdapat lebih dari 50 jenis miniatur lokomotif yang dilengkapi dengan gerbong penumpang dan gerbong barang. Miniatur kereta api dikendalikan secara otomatis melalui program komputer

About the Author
Balitour.id menyajikan informasi update tentang obyek wisata di Bali, Nusa Lembongan, Nusa Penida, Gili dan Lombok. Temukan Paket Tour Bali dan Lombok favorit anda disini !

Leave a Reply

*