(0361) 3700270
default-logo

Wisata Taman Ujung Karang Asem, Bali

taman-ujung-bali1

Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karangasem atau Taman Sukasada, adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Bali tepatnya di Karangasem. Taman Ujung yang terletak di Karangasem Bali ini sering di jadikan sebagai tempat pre wedding dan berlibur oleh warga setempat.Sehingga Taman Ujung ini sangat layak untuk dipromosikan menjadi salah satu objek wisata istimewa di Bali.

Lokasi Taman Ujung Karangasem Bali

Berada di banjar Ujung, Desa Tumbu kabupaten Karangasem,Jadi jika anda menggunakan mobil akan menempuh waktu sekitar dua jam perjalanan.

Sejarah Taman Ujung Karangasem.

Disini saya menjelaskan sedikit tentang sejarah Taman Ujung. Karena ada baiknya jika anda mengetahui tentang sejarah taman Ujung Karangasem.Yang membangun taman Ujung Soekasada adalah raja karangasem, bernama I Gusti Bagus Jelantik. Memiliki gelar nama Agung Anglurah Ketut Karangasem.Taman Ujung Soekasada dibangun pada tahun 1901 dengan nama kolam Dirah atau yang artinya kolam tempat pembuangan bagi orang yang menguasai ilmu hitam. Kemudian pada tahun 1909, raja Karangasem memerintahkan seorang arsitektur Belanda, bernama Van Den Hentz dan arsitektur orang Tiongkok, bernama Loto Ang untuk mengembangkan kolam Dirah menjadi tempat beristirahat Raja Karangasem.Selain untuk tempat beristirahat raja, dibangun juga tempat untuk raja Karangasem bersemedi dan tempat untuk tamu kerajaan Karangasem. Pembangunan dari taman Ujung Soekasada, selesai pada tahun 1921.

Apa Saja Yang Ada Di Taman Ujung Soekasada Bali

Saat anda berwisata ke taman Ujung Soekasada, tidak akan menarik jika hanya melihat kolam. Di taman ujung ini terdapat tangga untuk melihat pemandangan di bawah dan jika anda apat melihat bangunan pilar tanpa atap. Nah dari atas bangunan ini anda bisa melihat keistemewaan pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata taman Ujung Karangasem. Di arah tenggara, anda akan melihat lautan biru dan pantai Ujung.Pada bagian timur deanda dapat melihat ke bawah, bagaimana pesona dari arsitektur taman Ujung Soekasada. Selain itu dibagian timur atas, anda akan melihat bukit hijauyang masyarakat namakan itu Bukit Binis.

Istana Peristirahatan Raja Karangasem

Tata Letak Kolam Di taman Ujung Soekasada terdapat 3 kolam besar yang terdapat dalam satu tempat, hanya letak kolam dipisah-pisah. 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam berada di bagian utara. Di tengah kolam bagian selatan, terdapat sebuah bangunan yang berada di tengah kolam, nama dari bangunan ini adalah Bale Bengong. Kolam yang berada di Utara, luasnya lebih besar dari pada kolam yang berada di selatan. Di tengah-tengah kolam di bagian utara, terdapat jembatan yang digunakan untuk melintasi kolam. Ditengah kolam yang dihubungkan dengan jembatan, terdapat bangunan yang dulu digunakan sebagai tempat istrahat raja Karangasem. Karena bangunan peristirahatan raja ini terlihat menggantung,jadi masyarakat setempat menyebutnya dengan nama istana gantung.

Keunikan Arsitektur Istana Peristirahatan Raja Karangasem Bali

Arsitektur dari istana peristirahatan raja Karangasem memiliki keunikan tersendiri, karena penggambungan dari arsitektur Eropa jaman pertengahan dan arsitektur Bali. Dapat di lihat dari terdapatnya kaca warna warni yang terdapat di dinding bangunan untuk beristirahat raja sangat mirip dengan desain gereja yang ada di Eropa.
Arsitektur dari taman Ujung Soekasada, saat ini tidak seperti aslinya. Dikarenakan terjadi berbagai peristiwa sejarah, membuat arsitektur dari taman Ujung Soekasada mengalami kerusakan. Pagar besi digunakan untuk senjata berperang oleh masyarakat.
Kerusakan terparah terjadi pada tahun 1963, pada saat gunung Agung (gunung tertinggi di Bali) meletus. Semenjak saat itu, taman Ujung Soekasada, tidak mendapat perawatan.
Pada tahun 2000, puri Karangsem dan pemerintah kabupaten Karangasem melakukan perbaikan tanpa merubah bentuk asli dari taman Ujung Soekasada.

Harga Tiket Masuk Taman Ujung Soekasada

Tiket masuk:Rp 10.000 / orang
Parkir mobil:Rp 5.000 / mobil

Cara menuju Ke Taman Ujung Soekasada

Transportasi umum yang tersedia hampir tidak ada. Jadi bagi yang ingin berwisata kesini harus menggunakan kendaraan sendiri.
Di karenakan lokasi dari objek wisata taman Ujung Karangasem sangat jauh dari pusat pariwisata di Bali, serta lokasi yang tidak mudah untuk dicari bagi yang baru pertama kali.
Dengan menggunakan jasa rental mobil murah di Bali dengan supir, anda dapat beristirahat dalam perjalanan menuju Taman Ujung Soekasada.

Tempat Wisata Di Karangasem
Tempat wisata di Karangasem bukan hanya Taman Ujung Karangasem Bali, masih banyak objek wisata menarik lainnnya. Seperti Tirta Gangga, Candidasa,Tenganan serta pantai pasir putih yang orang asing sebut dengan nama Virgin beach.

About the Author
Balitour.id menyajikan informasi update tentang obyek wisata di Bali, Nusa Lembongan, Nusa Penida, Gili dan Lombok. Temukan Paket Tour Bali dan Lombok favorit anda disini !

Leave a Reply

*